You are viewing r7_y69

entries friends calendar profile Previous Previous Next Next
r7_y69 - pulvis,pulveres (dasar teori)
r7_y69
r7_y69
Share
pulvis,pulveres (dasar teori)

    Dasar Teori

Serbuk adalah campuran kering bahan obat atau zat kimia yang dihaluskan ditujukan untuk pemakaian oral atau untuk pemakaian luar. Karena mempunyai luas permukaan yang luas, serbuk mudah terdispersi dan lebih larut daripada bentuk sediaan yang dipadatkan. Anak-anak atau orang dewasa yang sukar menelan kapsul atau tablet lebih mudah menggunakan obat dalam bentuk serbuk. Obat yang terlalu besar volumenya untuk dibuat tablet atau kapsul dalam ukuran yang lazim, dapat dibuat dalam bentuk serbuk. Sebelum digunakan biasanya serbuk oral dapat dicampur dengan air minum (Anonim, 1995).

Macam-macam serbuk:

a.       Serbuk terbagi, bentuk serbuk ini berupa bungkusan serbuk dalam kertas perkamen atau dalam kantong-kantong plastik kecil, tiap bungkus merupakan 1 dosis.

b.      Serbuk tak terbagi, serbuk dalam jumlah yang banyak di tempatkan dalam dos, botol mulut lebar. Sebagai contoh ialah beda.

c.       Serbuk efervesen, serbuk yang berupa granul kecil yang mengandung asam sitrat dan natrium bikarbonat (Anief, 1993).

Serbuk oral dapat diserahkan dalam bentuk terbagi (pulveres) atau tidak terbagi (pulvis). Pada umumnya serbuk terbagi dibungkus dengan kertas perkamen. Walaupun begitu apoteker dapat lebih melindungi serbuk dari pengaruh lingkungan dengan melapisi tiap bungkus dengan kertas selofan atau sampul polietilena (Anonim, 1995).

Serbuk tabur harus bebas dari butiran kasar dan dimaksudkan untuk obat luar. Talk kaolin dan bahan mineral lain yang digunakan untuk serbuk tabur harus bebas dari bakteri Clostridium tetani dan Welchii dan Baschillus anthracis. Cara sterilisasinya dengan pemanasan 150o selama 1 jam (Anief, 2007).

Cara dokter menulis serbuk dalam resep yaitu dirulis jumlah obat lalu dibagi menjadi beberapa bungkus dan dapat ditulis jumlah obat setiap bungkus dan membuat beberapa bungkus. Serbuk sering ditambah Saccharum lactis, Saccharum album sampai berat serbuk tiap bungkus menjasi 500 mg. Penyimpanan berat masing-masing serbuk terhadap yang lain tidak boleh lebih 10% (Anief, 2007).

Serbuk yang terbuat dari bahan kimia ada yang kasar, cukup kasar, halus, dan sangat halus. Ukuran partikel tidak hanya membantu daya larut obat dalam air atau dalam lambung atau dalam usus, tetapi juga dapat mempengaruhi aktivitas biologi maupun efek terapinya. Kekurangan serbuk sebagai bentuk sediaan antara lain, keengganan meminum obat yang pahit atau rasanya tidak enak, kesulitan menahan terurainya bahan-bahan higroskopis, mudah mencair atau menguap yang dikandungnya dan waktu serta biaya yang dibutuhkan pada pengolahan dan pembungkusannya dalam keseragaman dosis tunggal. Untuk mencapai efisiensi yang tinggi, serbuk harus merupakan adonan yang homogen dari seluruh komponennya dan harus sempurna ukuran partikelnya. Ukuran suatu partikel tidak hanya membantu daya larut dalam segelas air atau dalam lambung atau dalam usus, tetapi juga dapat mempengaruhi aktivitas biologi maupun efek terapinya (Ansel,1989).

 

Anonim, 1995. Farmakope Indonesia IV. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

 

 

Anief, Moh. 1993. Apa yang perlu diketahui tentang obat. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

 

 

Anief, Moh. 2007. Farmasetika. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

 

 

Ansel, C.H., 1989, Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi, Universitas Indonesia Press, Jakarta.



moga bermanfaat, jangan lupa comment ya :3

Tags: , ,
Current Location: Indonesia
Current Mood: calm calm
Current Music: ne yo- miss independent

profile
r7_y69
User: r7_y69
Name: r7_y69
calendar
Back December 2008
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031
page summary
tags